Nano Technology

Tentang Nano Teknologi

PROASSAUDAH : TEKNOLOGI NANO UNTUK KESEHATAN MASYARAKAT DUNIA

 

Teknologi nano (Nanotechnology) adalah teknik terbaru yang menggunakan material berukuran sangat kecil sebesar nanometer (atau sepersemilyar meter). Teknologi nano juga merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengontrol zat, material dan sistem pada skala nanometer, sehingga menghasilkan fungsi baru yang belum pernah ada. Ukuran 1 nanometer adalah 1 per satu miliar meter yang berarti 50.000 kali lebih kecil dari ukuran rambut manusia.

Dengan teknologi ini kita dapat membuat zat menjadi ukuran yangsangat kecil, dan karena itu pula maka sifat dan fungsi zat tersebut bisa diubah sesuai dengan yang kita inginkan.  Dengan kata lain, teknologi nano itu teknologi membuat seluruh perangkat-perangkat kita menjadi kecil atau teknologi yang mampu merekayasa dalam skala nano meter.

Mengapa menjadi penting ukuran nano itu ? Karena ternyata, pada ukuran nano seluruh parameter kehidupan baik biologi, elektronik, atau yang lainnya itu bisa dikontrol secara teknis. Sementara itu, bahan atau materialnya pun bisa dibuat dari apa saja, tergantung apa tujuan yang didapat. Karenanya teknologi nano sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan berkontribusi dalam memajukan bangsa.

Teknologi nano yang kemunculannya dikenal tahun 1980 dan di negara maju sudah lama digunakan di berbagai bidang, di Indonesia mulai dikenal beberapa tahun terakhir. Produknya kini mulai mulai menyerbu pasar. Mulai dari bidang kedirgantaraan dan ruang angkasa, teknologi informasi, otomotif, industry tekstil, olahraga, pertanian, pangan, hingga bidang kedokteran.

Penerapan teknologi nano dalam pertanian misalnya, diyakini dapat membantu petani dalam meningkatkan produktifitas pertanian, kualitas produk hingga penggunaan sumber daya. Sehingga pada akhirnya hal ini dapat mengurangi biaya pertanian dan meningkatkan pendapatan.

Lebih jauh, teknologi nano ini bisa mengembangkan unsur hara yang ada di dalam tanah dan juga bisa membantu untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman. Teknologi yang bekerja pada dimensi 10 pangkat minus 9 ini dipercaya dapat mengembangkan pertanian masa depan dan dapat meningkatkan kualitas yang dihasilkan.

Nanoteknologi ini sudah dipakai dalam bidang pertanian seperti nano modifikasi benih dan pupuk, teknik pengemasan makanan, energy ramah lingkungan dan teknik jaringan. Nanoteknologi itu sendiri juga dapat membantu dalam produksi atau memperbaiki kerusakan jaringan secara artificial distimulasi dengan menggunakan poliferasi sel.

Dalam teknologi terapan di bidang kedokteran dan kesehatan, bantuan teknologi nano tentu saja ini membuka kecepatan penyembuhan dan pemulihan kesehatan dengan baik. Dan tentu saja potensi pasarnya cukup cerah.

Dalam bidang medis dan pengobatan, molekul dalam skala nano yang bersifat multifungsi berguna untuk mendeteksi kanker dan bisa menghantarkan obat langsung ke sel target.

Untuk petani, peternak, terapis, dokter herbal medik, dan pecinta herbal di Indonesia, kini telah hadir produk terbaik ProAssaudah – Propolis dan Habbatussauda yang diracik dan diproses dengan teknologi nano terkini. Bila propolis saja sangat diakui kedahsyatannya dan habbatussauda sejak lama juga terbukti bagus untuk kesehatan kita, bagaimana bila kini kedua produk terbaik ini disenergikan dengan teknologi nano ?

Insya Allah, sangat baik untuk penyembuhan penyakit kronis dan akut. Juga untuk menjaga stamina dan kebugaran kita.

 

Sumber : www.hometekno.com, www.dw.com, www.voaindonesia.com dan berbagai sumber.