Habbatussauda

Herbal Alami untuk Segala Macam Penyakit

HABBATUSSAUDA : Herbal Alami yang Luar Biasa

 

Apabila kita memilih dan menggunakan pengobatan cara Nabi, maka tentu saja kita akan lebih yakin dan lebih menentramkan proses dan hasilnya, karena bersumber dari Sang Maha Pencipta dan Nabi – NYA, sebagaimana yang diucapkan Nabi Ibrahim as :

Apabila aku sakit, Dialah (Allah) yang menyembuhkan aku.” (QS. Asy-Su’araa: 80).

Salah satu yang Rasulllah sangat merekomendasikan agar kita bisa mencegah dan mengobati berbagai penyakit, antara lain adalah dengan Habbattussauda.

Gunakanlah habbatussauda karena di dalamnya terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali maut (kematian)
(HR. Bukhori, Muslim,Ibnu Majah,Termidzi, Ahmad)

Habbatussauda, punya banyak nama. Antara lain : Al-Kamoun al-Aswad, Al-Karawiyyah as-Sauda’, Asy-Syuniz, Bijihitam, Black Caraway, Black Cummin, Black Seed, Carazna, Coal oil, Kaluduru, Kerosene, Natura Seed, dan Nigella Sativa, ini telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit dan sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Kandungan dalam Habbatussauda al. : Alkaloid, Arginine, Asam – asam amino, Cristaline nigellone, Interferon, Kalsium, Sodium, Karotin, Linoleic, Magnesium, Minyak atsiri / volatile, Nutrisi, Omega 3 (Linolenat), Omega 6 (Linoleat), Omgea 9 (Oleat), Potasium, Prostaglandin, Protein, Saponin / sponin, Selenium, Sterol, Vitamin A, B1, B2,B6, C, E dan NIacin, Zatbesi, serta zat – zat lain yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

 

HASIL RISET PARA PAKAR :

Begitu banyak hasil riset dan bukti nyata (testimoni) atas penggunaan habbatussauda, baik dalam bentuk serbuk maupun dalam bentuk cair. Inilah beberapa diantaranya :

  • Cancer Immuno-biology, South Carolina : “Habbatussauda merangsang sumsum di tulang dan imuniti sel serta pengeluaran terferon, melindungi sel – sel normal melawan virus perusak sel, melawan sel tumor, dan meningkatkan antibodi yang mengeluarkan sel B”. 
  • Dr. Hildebert Wagner, Institut fur Pharmazeutische Biologie, Munchen – Jerman : “Nigella Sativa (Habbatussauda) mengandungi minyak eter yang dapat membantu pencernaan dan mengurangi masalah usus” 
  • Lutz Bannasch, Munchen – Jerman : “Terapi baru yang efektif, mudah dicerna dan tidak mahal pada penyakit alergi adalah penggunaan asam lemak tidak jenuh dari minyak biji tanaman, terutama minyak Nigella Sativa (Habbatussauda)” 
  • Riset yang pernah dilakukan oleh Profesor El Dakhany dari Micro biologi Research Center, Arabia dan Dr Michael Tierra L.A.C.O MD dari Pharma chology Research Department Laboratory, Departement Pharmachy King College London, menemukan bahwa Habbatussauda berkhasiat menguatkan system kekebalan, meningkatkan daya ingat dankonsentrasi, meningkatkan bioaktifitas hormon, menetralkan racun dalam tubuh, mengatasi gangguan tidur dan stres, sebagai anti histamin (zat yang memicu alergi), memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri, melancarkan Air Susu Ibu (ASI), tambahan nutrisi pada ibu hamil dan balita serta nutrisi bagi manusia.
  • Michael Tierra L. AC. O.M.D : “Habbatussauda kaya akan beta – sitosterol, yang diketahui memiliki kemampuan mencegah kanker”. 
  • Mohammed Saleh, Kairo-Mesir : “Dengan mengkonsumsi Nigella Sativa dapat melawan kelelahan” 
  • Peter Schleicher, M.D., Immunologist, Munich Germany : “Nigella Sativa (Habbatussauda) mengandung asam lemak tak jenuh, Linoleic dan Gammallinolenic yang masuk dalam tubuh. Asam ini memungkinkan untuk pencapaian sintesis yang merupakan sistem kekebalan tubuh yang penting yang dapat mencegah penyakit kronik seperti jerawat dan demam karena alergi, hingga kanker. Habbatussauda juga terbukti menyembuhkan 70% penderita alergi, termasuk didalamnya alergi serbuk dan debu, juga jerawat, serta neurodermitis (penyakit kulit), asthma dan lemahnya daya kekebalan tubuh. Mengkonsumsi habbatussauda secara teratur dapat menahan secara baik penyakit flu”. 
  • Stanley Kopok, University of Arizona, USA : “Habbatussauda memiliki peranan penting pada pencegahan tumor dan kanker. Pada penggunaannya dalam waktu yang sama minyak Habbatussauda memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu dapat mempercepat pembelahan sel.” 
  • Black Cumin, The Magical Egyptian Herb, Dr. Peter Schleider, M.D. dan Dr. Mohammed Saleh, M.D, Egypt : “Habbatussauda mempunyai lebih dari 100 bahan aktif dengan berbagai khasiat penyembuhan. Salah satunya adalah impotensi”. 
  • Study of Black Seed Oil on Humans, American Scientists : “Habbatussauda terbukti memiliki khasiat anti-histamin, anti-oxidant, anti-biotic, anti-mycotic dan penghambat bronchitis” 
  • Study of Nigella Sativa on Human, University of South Carolina, USA : “Ekstrak Habbatussauda memiliki khasiat anti-tumor, tanpa efek samping seperti apa yang terjadi pada Chemotherapy dan penyinaran”.
  • University Pochefstroom : “Kombinasi kandungan lipid dan struktur hormon dalam Nigella Sativa dapat meningkatkan air susu bagi ibu menyusui”.
  • US Patents Section, Antiviral Agent Bulletin #5, 482, 711 : “Habbatussauda meningkatkan fungsi kekebalan tubuh”.

Diurai satu per satu, dari berbagai riset ilmiah di dunia, habbatussauda membantu dan berkhasiat nyata mengatasi berbagai macam penyakit ringan dan kronis seperti :

  1. AIDS : mempunyai peranan penting dalam penyembuhan AIDS.
  2. Alergi : terapi yang efektif dan mudah dicerna pada penyakit alergi, termasuk alergi serbuk (gunakan minyak habbatussauda)
  3. Analgesik
  4. Anemia.
  5. Anti alergi : alergi debu, serbuk, jerawat.
  6. Anti bakteri : memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri
  7. Anti biotik.
  8. Anti bodi : meningkatkan antibody
  9. Anti diabetik
  10. Anti histamin : sebagai anti histamin (zat yang memicu alergi),
  11. Anti Jamur (anti mycotic)
  12. Anti Kanker
  13. Anti Mikroba
  14. Anti oksidan (Anti oxidant)
  15. Anti piretik
  16. Anti Radang
  17. Anti thistamin
  18. Anti tumor, tanpa efek samping seperti apa yang terjadi pada Chemotherapy dan penyinaran.
  19. Asam urat.
  20. ASI : melancarkan dan meningkatkan air susu bagi ibu menyusui.
  21. Asthma : menyembuhkan penyakit asma karena  berfungsi sebagai terapi propilaksis pada  penderita asthma (aktivitas Bronchodi lasting effect).
  22. BAB : memperbaiki pencernaan sehingga melancarkan buang air besar.
  23. Balita : penting pada masa pertumbuhan balita
  24. Batu empedu.
  25. Batu ginjal : jika ditumbuk dan dibuat adonan dengan madu dan air hangat dapat menghancurkan batu yang muncul dalam ginjal dan kandung kemih serta sifat diuretic (memperlancar air seni).
  26. Bawasir : jika enzoat (celak persia) dicampur dengan air & dibalurkan ke lingkaran dubur (lobang dubur / anus) dan juga diminum dengan dosis sekitar 25 gr akan menyembuhkan
  27. Bioaktivitas hormon : meningkatkan bioaktivitas hormon.
  28. Borok / Koreng : jika dibakar dan dicampur dengan lilin dan minyak inai / henna atau minyak bunga iris serta dibalurkan pada borok – borok / koreng yang keluar di betis setelah dibersihkan dengan cuka, maka akan dapat menghilangkannya.
  29. Bronchitis : penghambat Bronchitis.
  30. Cacing Parasit :membunuh cacing – cacing parasit jika dimakan sebelum makan pagi dan jika diletakkan di atas perut dari bagian luar sebagai aroma spa atau luluran.
  31. Darah Rendah.
  32. Darah Tinggi : menurunkan tekanan darah tinggi.
  33. Daya Ingat & Konsentrasi : meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
  34. Daya kekebalan tubuh : lemahnya daya kekebalan tubuh
  35. Demam : menghilangkan demam Quartan (yakni demam yang menyerang manusia selama sehari kemudian mereda selama 2 hari kemudianmenyerang lagi ketika hari ke – 4), serta mencegah demam karena alergi.
  36. Diabetes melitus : menurunkan kadar gula darah (anti diabetik)
  37. Dubur : minyaknya bermanfaat untuk menyembuhkan bengkak di dubur dan tahi lalat.
  38. Exim.
  39. Flu : mencegah flu secara baik.
  40. Gigi : apabila dimasak dengan cuka bersama kayu pinus dan kemudian dibuat untuk berkumur, maka hal itu akan menghilangkan sakit gigi yang disebabkan sensitifitas terhadap dingin.
  41. Gigitan : bermanfaat untuk menyembuhkan gigitan Laba – laba dan gigitan ular, bekas gigitan anjing (Rabies) dan aman dari kematian akibat rabies.
  42. Ginjal : melindungi ginjal dan mengobati gangguan ginjal.
  43. Haid : melancarkan haid yang tersendat.
  44. Histaminsel : Asam lemak tak jenuh Linoleic menstabilkan histamin sel.
  45. Insomnia : mengatasi gangguan tidur dan stres
  46. Impotensi : menyembuhkan impotensi.
  47. Infeksi : mengobati infeksi.
  48. Jantung : Jantung kurang sehat & gangguan jantung.
  49. Jerawat : apabila digoreng dan dicium terus-menerus dan dicampur dengan cuka dapat menyembuhkan jerawat dan kudis serta menghilangkan peradangan yang lebih kronis dari jerawat (tumor).
  50. Kanker : mencegah kanker (menghambat perkembangan sel – sel kanker) sekaligus melawan & menghancurkan sel –sel kanker / tumor.
  51. Kekebalan : merangsang sel – sel kekebalan, serta meningkatkan fungsi dan system kekebalan tubuh terhadap penyakit, serta mempunyai peranan penting dalam penyembuhan penyakit yang berhubungan dengan system kekebalan tubuh.
  52. Kencing : jika diminum, biji ini akan melancarkan kencing.
  53. Kencing manis / diabetes.
  54. Kolesterol : mengurangi & menstabilkan kolesterol, trigliseriddan glukosa dalam plasma darah.
  55. Kudis : apabila digoreng dan dicium terus-menerus dan dicampur dengan cuka dapat menyembuhkan dan kudis.
  56. Kusta / Lepra : menghilangkan Kusta (lepra).
  57. Lelah : melawan kelelahan.
  58. Libido : Meningkatkan libido yang kurang (Riset Prof Eulis D atau SpPD dari Universitas Sam Ratulangi Manado)
  59. Liver : melindungi liver (hepar).
  60. Lumpuh : jika dihirup akan bermanfaat bagi hemiplegia (semiparalysis / lumpuh separuh).
  61. Maag.
  62. Mata : jika disedot melalui hidung akan bermanfaat menghentikan air yang keluar pada mata.
  63. Migran.
  64. Nafas : menghilangkan sesak nafas & sejenis kesulitan nafas, melonggarkan penyumbatan akibat dahak, danmeningkatkan respirasi.
  65. Neurodermitis (penyakit kulit).
  66. Nutrisi : tambahan nutrisi pada ibu hamil (untuk bulan ke – 9) dan nutrisi bayi (obat tetesnya sebagai imunisasi alami).
  67. Otak : membantu perkembangan jaringan otak.
  68. Paru – paru kronis.
  69. Pencernaan : membantu pencernaan dan memperbaiki saluran
  70. Peradangan sendi : mengobati peradangan sendi.
  71. Perut : jika digoreng & dibakar kemudian dicium terus-menerus dapat mengeliminasi gas (dalam) perut.
  72. Pilek :menghentikan dan menyembuhkan  penyakit pilek. Jika digoreng tanpa minyak dan ditumbuk serta  dicampur dengan minyak zaitun kemudian diteteskan kedalam hidung 3 tetes akan menyembuhkan  gejala pilek yang disertai bersin –
  73. Pusing : Jika dibalutkan, bermanfaat untuk menyembuhkan pusing yang parah.
  74. Racun : membuang, menetralkan racun dalam tubuh dan membersihkan racun dalam tubuh yang dapat mengganggu metabolisme dan menurunkan fungsi organ penting seperti hati, paru – paru, dan otak. melawan virus perusak sel.
  75. Radang : menghambat radang.
  76. Rematik : Mengobati reumatik, peradangan sertain feksi.
  77. Sel – sel normal : Menghasilkan sel – sel normal terhadap virus yang merusak dan memacu produksi sel Limposit B. Habbatussauda juga mempercepat pembelahan sel. Juga melindungi sel-sel normal
  78. Sendawa asam : menghilangkan sendawa asam yang berasal dari dahak dan melancholia (gangguan yang disebabkan kesedihan yang terus – menerus / depresi sehingga merusak bagian empedu).
  79. Serangga : bila dibakar, asapnya dapat mengusir serangga.
  80. Sistem Imunitas : menguatkan immunity system pada diri manusia. (memperkuat sistem kekebalan tubuh)
  81. Sumsum tulang :merangsang / menstimulasi sumsum tulang belakang dan selimun.
  82. Stamina : meningkatkan daya tahan tubuh / imunitas dan stamina.
  83. Stres : mengatasi gangguan tidur dan stres
  84. Stroke.
  85. TBC.
  86. Tenggorokan.
  87. Tumor : mencegah tumor, serta melawan dan sekaligus menghancurkan sel – sel tumor.
  88. Usus : mengurangi masalah usus.
  89. Virus : melindungisel normal melawan virus.

Secara tradisional, jintan hitam atau habbatussauda banyak dijual dalam bentuk minyak maupun bubuk. Ekstrak jintan juga bisa dibuat sendiri dengan cara menumbuk 1 sendok the biji jintan hitam (bisa ditambah dengan rempah – rempah lain seperti kapulaga, kunyit atau cengkeh), kemudian ditambah 2 gelas air masak lalu disaring.

Bisa juga dengan menyeduhnya dalam air panas baru diperas dan disaring. Untuk lebih memvariasikannya, jintan hitam juga bisa dicampur dalam masakan atau makanan lain.

00000

Sumber diatas diambil dari:

  • http://health.detik.com
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Habbatussauda,
  • Buku Pintar Habbat’s, riset : Dr. Chakravarty, di Amala Nagar Kerala, India, 1991;
  • Blunden G. Departement of Veterinary Medicine, King Saud Universitu
  • Pakistan Journal Pharmacy
  • American Scientiest; Universitas Munich
  • Mashhad University of Medical Sciences
  • Dan dari berbagai sumber.

Informasi lebih lengkap mengenai Habbatussauda serbuk, atau Habbatussauda cair yang perlu dikonsumsi terpisah, silakan kontak saja : Agung MSG, Kota Baru Blok E No. 9 Cilaku CIanjur.